Kamis, 08 Mei 2014

Manusia dan Keadilan

      Keadilan adalah sebuah keputusan yang di ambil oleh seseorang atau kelompok yang memang sudah pantas di berikan sesuai dengan perilaku atau sikap dari seseorang atau kelompok tersebut, Maka dari itu keadilan tidak bisa dipisahkan dari manusia. Karena manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendirian di dunia ini maka dalam hidup berkelompok atau bermasyarakat kita memerlukan sebuah hukum atau aturan yang harus adil untuk setiap manusia.


       Dewasa ini banyak sekali perilaku atau tindakan–tindakan jauh dari kata adil dalam pengambilan keputusan di negara yang kita cintai ini, yaitu Indonesia. Contoh ketidakadilan di Indonesia sekarang adalah masalah pembangunan. Pembangunan di Indonesia sangat tidak merata. Pembangunan hanya berlangsung di kota – kota besar saja sedangkan dipelosok-pelosok negeri ini masih banyak yang belum terjamah teknologi, bahkan banyak penduduk yang buta aksara sebab belum masuknya pendidikan ke tempat tinggal mereka.


    
     Ketidakadilan masalah pembangunan ini disebabkan oleh banyak faktor, yaitu :

1.    Terpusatnya perekonomian pada kota-kota besar
2.    Akses untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang sulit
3.    Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat




      
          Hal-hal ini bisa dihindari jika saja semua elemen mau bekerja sama untuk memajukan daerah-daerah terpencil. Contohnya pemerintah pusat memberikan dana untuk pembangunan yang nominalnya tidak terlalu besar asalkan terus menerus, para golongan akademisi mengajarkan para penduduk dengan pengetahuan akan teknologi, pendidikan, dan kemandirian. Dan harus adanya kemauan dari  para penduduk dari daerah yang terpencil untuk membangun daerah yang mereka tinggali. Jika saling berpegangan tangan dan bergotong royong hal yang tidak mungkin pun akan jadi mungkin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar