Selasa, 02 Februari 2016

Pembuatan Model Animasi 3D dengan Aplikasi Blender


MEMBUAT ANIMASI 3D MINIONS MENGGUNAKAN BLENDER

PENDAHULUAN
Dengan berkembangannya zaman banyak teknologi informasi yang juga berkembang dengan pesatnya, terlebih dalam hal animasi. Bisa kita dilihat dari animasi-animasi yang terdapat pada film-film yang menggunakan animasi yang begitu terlihat nyata seperti aslinya dan begitu halus dalam pembuatannya. Dalam bidang desain banyak software pembuat animasi yang begitu populer, salah satunya adalah Blender. Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat legal. Blender memiliki kelebihan tersediri dibandingkan dengan software pembuat animasi lainnya, kelebihannya dari Blender yaitu dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, karena blender sudah memiliki game engine sendiri dan menggunakan python sebagai bahasa pemrograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++, C, dan lain-lain. Blender menggunakan opengl sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS X. Sampai saat ini versi terbaru blender adalah 2.69.

        Tujuan kami membuat makalah ini adalah untuk membahas suatu animasi yang sangat populer belakang ini berkat suatu film yang juga tak kalah populernya, yaitu animasi 3D dari karakter Minions. Dalam makalah ini kami akan menjelaskan tentang tahapan pembuatan karakter Minions di Blender serta membantu pembaca utntuk mengetahu bagaimana membuat model 3D pada aplikasi Blender.
Agar penulisan makalah ini tidak menyimpang dan mengambang dari tujuan semula, maka kami menetapkan batasan-batasan sebagai berikut :
1.      Apa saja fungsi dari masing-masing menu di Blender?
2.      Tombol shortcut apa saja yang terdapat di Blender?
3.      Bagaimana tahapan dalam membuat karakter Minions?
4.      Bagaimana cara membuat animasi pada karakter Minions di Blender?


PEMBAHASAN
A.    Perancangan Grafik
Objek yang terdapat di animasi yang dibuat adalah berupa minions, didalam bab ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan objek minions dengan menggunakan aplikasi blender. Di dalam pembuatan objek minions, terdapat bagian-bagian yang harus diperhatikan, yaitu : badan, tangan, kaki, mulut, mata, pakaian, dan kacamata. Berikut adalah cara pembuatan minions menurut bagian-bagiannya :
a.      Badan
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat badan pada minions :
1.      Buka aplikasi blender
2.      Setelah itu hapus kubus yang ada pada layar dengan cara menekan x, lalu delete.

3.      Setelah terhapus, tekan shift a, lalu pilih mesh dan selanjutnya pilih uv sphere, lalu akan muncul objek dengan bentuk berupa bola.

4.      Selanjutnya tekan tombol T, lalu pada menu add UV sphere di sebelah kanan layar ubah angka pada ring menjadi 18.

5.      Setelah itu tekan tombol 1 pada numpad, lalu tekan tab untuk masuk ke edit mode. Pilih face selection lalu tekan limit selection to visible.

6.      Select setengah dari bola tersebut dengan menekan tombol b, lalu tekan x lalu pilih faces.

7.      Setelah itu select semua face dari setengah lingkaran tersebut, lalu perhatikan tab properties yang terdapat di sebelah kanan layar, cari modifier yang berupa symbol tang, lalu pilih add modifier, dan pilih mirror.

8.      Selanjutnya pada modifier, tekan add modifier kembali lalu pilih subdivision surface, dan pada view ubah angka menjadi 2.


9.      Kembali ke object mode dengan menekan tombol tab, lalu lihat tab properties yang ada di sebelah kiri, pada shading, tekan tombol smooth.

10.  Tekan tab untuk kembali ke edit mode, lalu select seperempat bagian dari bola bagian atas tersebut lalu tekan tobol g lalu z


11.  Select seperempat bagian atas dan bawah secara bergantian, lalu tekan s lalu z untuk mengurangi kecembungan pada bagian atas dan bawah.

12.  Setelah itu tekan control r, lalu letakkan pada bagian tengah, scroll agar face terbentuk simetris, lalu klik kanan.

13.  Selanjutnya pemberian warna, masuk ke object mode, lalu pada tab properties di sebelah kanan, pilih menu material dan tekan new.


14.  Pada diffuse, ganti warna menjadi kuning, dan ganti nama material 001 menjadi yellow, maka warna badan akan berubah.

15.  Pembuatan badan pada objek minions, berhasil dibuat.


b.      Mulut & Gigi
Selanjutnya adalah langkah-langkah untuk membuat Mulut dan gigi, berikut adalah langkah-langkahnya :
·         Mulut :
1.      Tekan tab untuk masuk ke edit mode kembali, lalu perkirakan letak mulut minions. Pilih tab selection, lalu pilihlah face yang diperkirakan sebagai mulut. Setelah memilih face, perhatikan tab properties yang terdapat di sebelah kanan, pilih modifier, pada mirror centang pilihan clipping.


2.      Tekan e lalu y, jangan terlalu dalam. Setelah itu tekan g lalu y untuk menarik mulut ke belakang.

3.      Selanjutnya pilih face selection, lalu select bagian dalam mulut dan beri warna hitam, lalu tekan assign.

4.      Mulut berhasil dibuat.

·         Gigi :
1.      Select face bagian pinggir atas dari mulut, lalu tekan shift-d, klik. Selanjutnya tekan p lalu pilih selection, maka akan terbentuk objek baru, pada tab properties di sebelah kanan atas, ubah nama sphere 001 menjadi Teeth.

2.      Selanjutnya masuk ke dalam edit mode dengan menekan tab, lalu tekan e pada objek gigi, dan sesuaikan. Lalu masuk ke object mode dan berilah warna putih pada gigi.

3.      Tekan tab untuk kembali ke edit mode, lalu tekan shift-r untuk membuat struktur selah gigi agar lebih kompleks, setelah itu perkecil selah tersebut dengan menekan e lalu s.
               
4.      Untuk membuat gigi bagian bawah tinggal menekan shift-d pada gigi atas lalu letakkan dibawahnya.

5.      Gigi berhasil dibuat.

·         Tangan :
1.      Untuk membuat tangan sebaiknya perkirakan dulu letak tangan yang sesuai, lalu klik kanan pada body, dan seleksi face dari perkiraan letak tangan tersebut. Tekan e lalu x ke arah depan (pendek saja), lalu tekan g lalu x.
2.      Setelah itu adalah membuat telapak tangannya, select face yang terletak pada ujung lengan, tekan e lalu x pendek saja, lalu tekan s y.

3.      Selanjutnya adalah pembuatan jari, pertama tekan shift-r dan bentuklah struktur jari pada telapak, lalu tekan e x pendek saja, lalu tekan g x untuk membuat jari.


4.      Terakir, beri warna pada telapak tangan agar terlihat seperti memakai sarung tangan.
5.      Pembuatan tangan selesai.


c.       Pakaian
Pakaian adalah yang objek termudah dalam pembuatan minions, hanya dengan menyeleksi face dari badan minions, lalu diberi warna, jadilah pakaian tersebut.


d.      Kaki & Sepatu :
Kaki & sepatu dalam objek minions yang dibuat disini berasal dari badan minions itu sendiri, proses ekstrude dan rotate digunakan disini, berikut langkah-langkahnya :
1.      Masuk kedalam edit mode dan seleksi face bagian bawah minions, perkirakan letak kaki yang diinginkan.

2.      Setelah itu tekan tombol e dan kemudian z, ditarik pendek saja, kemudian tekan g lalu z.


3.      Pada gambar diatas, permukaan bawah kaki minions masih miring, luruskanlah dengan menekan r lalu y.

4.      Selanjutnya adalah penyusunan struktur dari sepatu minions, pertama aturlah bagian bawah dari kaki minions agar terlihat seperti sepatu dengan cara memindahkan titik-titik dari struktur menggunakan tombol g.


5.      Untuk membuat sepatu, select semua face bagian bawah kaki, lalu tekan e s, dan sesuaikan. Setelah selesai terbentuk sepatunya, berilah warna.

6.      Kaki dan sepatu berhasi dibuat.

e.       Membuat rigging
1.      Tekan Shift+A lalu pilih Armature dan klik Bone. Ini berguna untuk menambahkan tulang pada objek agar dapat digerakkan.

2.      Lalu perbesar Bone yang sebelumnya telah ditambahkan dengan cara klik S. Buat sebesar ukurannya agar mudah membaginya.

3.      Untuk membaginya menjadi beberapa bagian, klik W lalu pilih subdivide.



4.      Lalu extrude bagian badan tengah untuk membuat lengan dan juga kaki. Agar memudahkannya, pilih ujung bone yang ingin di extrude, lalu pada menu sebelah kiri pilih option dan pilih x-axis mirror. Lalu tekan Shift+E yang tekan X untuk searah sumbu X.

f.       Pembuatan Animasi
Untuk membuat animasi seperti yang telah dibuat, kita harus menyelesaikan modelling dan rigging terlebih dahulu. Apabila kita sudah menyelesaikan dua hal tersebut, barulah kita bisa membuat animasinya, berikut adalah langkah langkah membuat animasi minions :
1.    Klik pada tulang minions, lalu masuk ke dalam pose mode

2.    Setelah masuk ke dalam pose mode, klik salah satu tulang yang ingin digerakkan, lalu tekan tombol r, lalu gerakan kearah yang diinginkan.

3.    Kita kondisikan posisi minions yang ada pada langkah nomor 2 menjadi posisi awal minions, pada frame nomor 0, tekan A terlebih dahulu untuk menyeleksi semua tulang minions, lalu tekan I, dan pilih loc roc scale. Langkah ini bertujuan untuk mengunci gerakan dari minions. Setelah selesai akan muncul garis berwarna kuning di dalam frame seperti gambar dibawah ini :

4.    Setelah itu masuk ke object mode, seleksi objek minions dan tulangnya, lalu tekan I, dan pilih locrotscale, ini bertujuan untuk mengunci posisi dari minions itu sendiri.

5.    Sekarang kita buat minions seakan – akan dia melangkah ke samping sambil memainkan tangannya, masuk ke dalam pose mode, lalu gerakan tangan dan kakinya dengan menekan tombol r, seleksi semua tulang dengan menekan tombol a, setelah itu tekan I, dam pilih loc rot scale kembali.

6.    Setelah itu masuk lah kedalam object mode, dan geser minions kearah samping, dengan cara seleksi objek dan tulang minions, lalu geser dengan menekan tombol g, lalu tekan I dan pilih locrotscale kembali.

7.    Ulangi langkah 5 dan 6 sesuai selera, setelah sekiranya selesai, sekarang saatnya untuk membuat objek minions bergerak ini dalam bentuk video. Pada tab properties, pilih render, lalu pada pilihan output, ganti JPEG menjadi AVI JPEG.

8.    Sebelum mulai rendering perhatikan frame gerakan yang kita buat pastikan frame start dan end sesuai. Setelah itu scroll properties pada tab render keatas, lalu klik animation.

9.    Tunggu proses rendering sampai selesai.

10. Setelah proses rendering selesai, tekan menu render yang terdapat pada menu bar diatas, lalu pilih play rendered animation, untuk memainkan video animasi yang telah dibuat.

11. Maka video animasi yang anda buat akan muncul, dan langkah pembuatan animasi pun selesai.





PENUTUP 

          Dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan animasi 3D dibutuhkan pengetahuan tentang aplikasi Blender itu sendiri serta mengetahui dengan jelas karakter yang akan dibuat,  armature atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak atau berhenti.
         
         Untuk dapat membuat animasi 3D di Blender dengan lancar serta tidak bingung dalam menggunakan aplikasi tersebut, disarankan agar pembaca memahami dan membaca tentang aplikasi Blender tersebut agar dapat mengetahui tentang penggunaan tombol serta fungsi dari masing-masing menu.

            DAFTAR PUSTAKA
video

Tidak ada komentar:

Posting Komentar