Jumat, 14 April 2017

Perkembangan Komputasi Modern(Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Komputasi Data)

Perkembangan Komputasi Modern


Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955).
Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.


Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965).Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960).
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program).


Berikut perkembangan sistem informasi menurut komputasi modern :

•Tahun 1956.
GM-NAAI/O : Sistem operasi pertama ini digunakan pertama kali oleh General Motors pada komputer besar IBM 704. Namun, sistem ini tidak lebih hebat dari Batch Processing.

•Tahun 1969
Unix : Sistem operasi modern pertama ini dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang saat itu membutuhkan sebuah platform yang cepat untuk game “Space Travel” mereka. 

• Tahun 1973
XeroxAlto : Sistem pertama dengan graphical interface yang hanya digunakan untuk penelitian sampai 1981.

•Tahun 1980
QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.
Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.

•Tahun 1981
PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086.
MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.

•Tahun 1983- 1985
MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.
System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSDUNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse.
MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.
MS Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MS­Windows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.
Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.

•Tahun 1988-1990
MS DOS 4.0 : Microsoft mengeluarkan MS DOS 4.0 dengan suasana grafis.WWW : Proposal World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee.
Perpisahan : Dua perusahaan raksasa berpisah, IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows.
Windows 3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik.
MS Office : Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 1 2 3, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.

•Tahun 1991-1995
➝ 1991 :
Linux 0.01 : Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.
MS DOS 5.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full -screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.
➝ 1992 :
Windows 3.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya.
➝1993 :
Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.
Web Browser : NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic, browser web untuk Internet.
MS DOS 6.0 : Microsoft memperkenalkan MS DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace.
➝1994 :FreeDOS : Jim Hall, mahasiswa dari Universitas Wisconsin River Falls Development mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
➝1995 : Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari. 

•Tahun 1996-2000.
1996 : Windows NT 4.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0
1997 : Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.
➝1998 :
Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigato
Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya.
➝1999 :
Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan yang nantinya beralih nama menjadi Xandros.
➝2000 :
Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.
Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.
Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.
China Goes Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China.

•Tahun 2001-2005
➝2001 :
Windows XP : Microsoft memperkenalkan Windows XP.
➝2002 :
Open Office : Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan oleh Sun Microsystem.
OS Lokal : OS buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.
➝2003 :
Windows 2003 : Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.
➝2004 :
Ubuntu : Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).
➝2005 :
Mandriva : Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.

•Tahun 2006
Unbreakable Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat Enterprise.
CHIPLux : Distro lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.

• Tahun 2007
Vista : Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

•Tahun 2008
3D OS : Tidak seperti Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LINUX. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu versi 3D OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux dan game center Linux.

•Tahun 2010
Windows7 : Sistem Operasi ini merupakan penyempurna dari sistem operasi yang di buat sebelumnya oleh microsoft. Bisa dikatakan bahwa sistem operasi ini merupakan sistem operasi terbaik yang ada pada saat ini.

•Tahun 2012
Windows 8 : Microsoft mengeluarkan sebuah sistem operasi yaitu Windows 8. Sistem Operasi ini memliki tampilan yang sangat menarik dibandingkan dengan Windows-Windows lain yang sebelumnya.

•Tahun 2014-2015
Windows 10. Dan sekarang yang Sistem Operasi terbaru yang telah dilincurkan oleh Microsoft adalah Windows 10.

 JARINGAN KOMPUTER

Konsep jaringan komputer pertama kali mulai dicetuskan pada era tahun 1940-an. Pada era ini, konsep jaringan komputer dibuat di Amerika, di dalam sebuah laboratorium yang sedang mengembangkan komputer MODEL I. proyek ini ingin memanfaatkan penggunaan kompueter secara bersamaan agar bisa mengerjakan banyak proses dalam satu waktu saja. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah Batch Processing. Berlanjut 10 tahun kemudian munculah sebuah konsep yang mengembangkan konsep jaringan komputer sebelumnya. Konsep ini dikenal dengan istilah konsep TSS atau Time Sharing System. Pada proses ini, dimungkinkan terdapat satu host komputer sebagai server agar bisa mengakomodir kegiatan dari beberapa workstation atau terminal dalam waktu yang bersamaan. Cukup lama setelah TSS ditemukan dan juga diimplementasikan, muncul istilah jaringan komputer yang dikenal dengan istilah Distribution Processing atau proses distribusi pada tahun 1970.
Masih pada era 1970-an, seorang bernama Roy Tomlinson mengembangkan suatu sistem surat elektronik yang kita kenal hingga saat ini sebagai istilah email. Pada tahun 1973, perkembangan jaringan komputer menjadi semakin luas lagi. Adalah dua ilmuwan, yang bernama Vinton Cerf dan juga Bob Kahn mengusulkan suatu sistem jaringan komputer yang sangat luas dan juga terdistribusi secara mendunia, yang dikenal dengan istilah international network atau yang saat in iita kenal dengan istilah internet. Pada tahun 1976, sebuah hardware yang diciptakan dan juga dikembangkan oleh xerox, yaitu Ethernet Card. Dengan adanya ethernet card, maka setiap komputer bisa terhubung ke dalam suatu jaringan dengan mudah, terutama jaringan peer to peer LAN, dimana dua komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel.
Pada tahun 1982, dibuatlah sebuah protokol dalam jaringan internet, yang dikenal dengan nama Transmission Control Protocol atau Internet Protocol, yang tentu saja saat ini sudah sangat akrab degnan kita, yaitu TCP/IP. tahun 1984, penggunaan DNS atau Domain Name System mulai digunakan. Hal ini untuk membantu memilah alamat – alamat website yang tergabung pada wilayah – wilayah tertentu agar menjadi lebih mdah untuk dikenali dan juga mudah untuk diakses. kira kira pada tahun 1988, seorang ilmuwan dan pengembang asal Finlandia, yaitu Jarkko Oikarinen mengembangkan dan juga menciptakan suatu sistem Internet Relay Chat. Dengan adanya sistem IRC ini, maka dimungkinkan untuk semua komputer yang sudah masuk ke dalam jaringan internet dapat melakukan chatting dan mengobrol dengan cara mengetik. tahun 1990an bisa dibilang merupakan era keemasan dari teknologi jaringan komputer. Pada era ini mulai banyak dibuat browser – browser untuk berselancar di internet. Browser pertama adalah NetScape Navigator. Selain itu, pada era ini, Yahoo dan juga hampir 3000 alamt internet lainnya lahir dan mulai berkembang hingga saat ini. Bahkan pada era 1990an, sudah muncul e-retail, dimana anda bisa berbelanja barang secara online, yang saat ini kita kenal juga dengan istilah e-commerce.
Awal tahun 1990 sendiri merupakan kelahiran dari www atau world wide web, yang merupakan sebuah program yang memungkinkan agar sebuah komputer dapat saling menjelajahi dan terhubung ke dalam jaringan internasional, yang pastinya sudah kita ketahui hingga saat ini.

 KOMUNIKASI DATA

Secara sederhana, istilah komunikasi data (data communication) dapat diartikan sebagai perpindahan data dari satu tempat ke tempat lain melalui media tertentu. Sedangkan jaringan akan muncul ketika ada 2 atau lebih peralatan komunikasi data digunakan untuk menghubungkan data. Peralatan komunikasi ini dapat berupa apapun yang bersifat maya (virtual) yang dapat mengkomunikasikan data, misal komputer pribadi (Personal Computer/PC), server, mesin faximilli, printer, tape drive, atau lainnya. Dalam hal ini istilah internet (internetworking) dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan 2 atau lebih jaringan yang dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan Internet merupakan contoh paling populer dariinternet. Perkembangan komunikasi data dan jaringan sangat dipengaruhi oleh kemunculan teknologi komputer.

Saat ini komunikasi data juga dikenal dengan sebutan jaringan (network). Hal ini karena proses komunikasi data akan melibatkan berbagai komponen penyusun yang membentuk suatu sistem jaringan. Istilah komunikasi data dan istilah jaringan telah menyatu menjadi komunikasi data dan jaringan, yang secara lebih spesifik merupakan suatu sistem komunikasi data.







Sumber :
http://infofullversi.blogspot.co.id/2015/04/perkembangan-sistem-operasi-komputer.html
http://www.blogsolu.com/2013/01/sejarah-sistem-operasi-komputer-dan.html
http://dosenit.com/jaringan-komputer/perkembangan-jaringan-komputer
http://kurniawanputra-skanesa.blogspot.co.id/2014/08/sejarah-komunikasi-data.htmlhttps://id.scribd.com/document/330360589/Perkembangan-Komunikasi-Data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar