1.
Ringkasan Eksekutif
Walk
in Summer adalah merek lokal Indonesia yang berdiri sejak November
2016 di Jakarta, dengan harapan menjadi salah satu merek handcrafted footwear terbaik di
Indonesia yang berfokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang sepatu
fashion. Walk in Summer mengutamakan kepuasan pada layanan, dengan desain yang
unik, menarik dan kualitas terbaik dari produk buatan tangan.
Walk
in Summer ingin memperluas lapangan kerja khususnya mahasiswa dan membuat
produktif. Saat ini Walk in Summer memiliki 50 pekerja, dan 20 orang di antara
mereka adalah mahasiswa jurusan seni dan desain terbaik dan juga terampil di Jakarta,
berkonsentrasi pada kualitas terbaik dari sepatu buatan tangan untuk perempuan.
Walk in Summer berharap merek ini mampu menjadi lebih baik dan selalu
memberikan produk dan layanan yang terbaik, menciptakan desain yang unik dan
kreatif untuk membawa kemajuan industri
kreatif di Indonesia.
·
Visi
Perusahaan
- Menumbuhkan jiwa kreatifitas mahasiswa dan bisa menghasilkan uang sendiri.
- Menjadi perusahaan industri sepatu yang senantiasa mampu bersaing dan tumbuh berkembang.
- Menjadi perusahaan terkemuka di bidang bisnis dengan mengutamakan pelayanan penjualan yang terbaik untuk costumer.
- Memperluas lapangan pekerjaan
- Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam bisnis sepatu fashion.
·
Misi
Perusahaan
- Melayani para pelanggan dengan baik
- Memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat.
- Memberikan produk dengan kualitas yang terbaik.
- Menjaga kepercayaan para pelanggan.
- Menciptakan produk yang berbeda dari perusahaan lain.
- Mengembangkan Sumber Daya Manusia dengan memberikan penghargaan atas prestasi kerja.
Daftar
Anggota Tim Manajemen Perusahaan
Diah Ayu Pratiwi – Pendiri, Pejabat Eksklusif Tertinggi
Arif Rachman – Pejabat Kepala Informasi
Totong Rukmanto – Pejabat Kepala Penjualan dan Pemasaran
Hilarius Juan – Pejabat Kepala Penjualan dan Pemasaran
Supardi Munggaran – Kepala Penelitian Investasi
Andhika Prasetyo – Direktur Pemasaran
· Ringkasan
Tujuan Pemasaran
- Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan
- Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah.
- Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai.
- Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja.
·
Ringkasan
Strategi Pemasaran
- Produk yang dimiliki dengan kualitas terbaik dan mengikuti perkembangan zaman
- Harga terjangkau sesuai pasaran dengan kualitas yang baik.
- Promosi yang dilakukan di iklan-iklan online dan social media
- Tempat yang dapat dijangkau pelanggan untuk memudahkan trnasaksi
2.
Situasi
Saat Ini
· Lokasi
Lokasi
perusahaan saat ini berada di kota Jakarta, tepatnya di Jl. H. Ibrahim Adjie, Jakarta Timur. Untuk memperluas
produksi cabang perusahaan, direncanakan akan dibangun di kota-kota satelit
lainnya seperti Tanggerang dan Bekasi.
· Pasar Sasaran Perusahaan
Anak-anak
muda zaman sekarang khususnya masiswa. Dengan harga yang mampu siap bersaing
dan dengan kualitas yang sangat baik.
· Ringkasan Analisis Pesaing dan Isu-isu
yang dihadapi Perusahaan
- Perusahaan lain yang mampu menjadi pesaing dengan kulitas dan harga yang cukup bersaing
- Berkembangnya teknologi yang mampu menambah persaingan dari segi periklanan dan promosi produk
3.
Analisis
Pesaing dan Isu-isu yang dihadapi Perusahaan
· Salah satu perusahaan yang produknya
mungkin mampu menjadi pesaing adalah perusahaan Zapato. Perusahaan tersebut
lebih berfokus terhadap gaya hidup anak muda zaman sekarang. Untuk melakukan
aktivitas mereka cenderung memilih menggunakan sneakers casual, dan sebagai perusahaan produk footwear di dunia fashion
lokal mereka melihat bahwa sebenarnya tren footwear
sneakers premium masa kini itu justru
lebih banyak tiruannya atau kw di pasaran. Oleh karena itu produk mereka hadir
di pasaran, serta mengakrabkan diri dengan anak-anak muda dengan produk
originalnya yang kini juga sudah beredar di negara tetangga seperti Malaysia
dan Singapura.
· Tantangan bagi perusahaan Walk in Summer
itu sendiri adalah semakin berkembanganya teknologi yang sebenarnya sangat
menguntungkan. Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pesaing
yang ingin menyebar luaskan atau mempromosikan produk-produk yang mereka buat,
produk mereka tidak kalah saing dengan
produk Walk in Summer dari segi kualitas.
4.
Tujuan
Pemasaran
- Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Berfikir out of the box memang sangat diperlukan untuk menjaga ritme, ataupun kelangsungan perusahaan. Sesekali jangan terus mengikuti ritme pasar, tetapi coba untuk menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
- Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Sesuatu kalau tidak memiliki tujuan ataupun strategi pastinya akan berjalan dengan berantakan. Dengan adanya strategi pemasaran akan membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta terarah.
- Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai. Dengan bantuan strategi ini, wirausahawan dapat terbantu untuk lebih mendetailkan tujuan apa yang ingin perusahaan capai. Baik jangka panjang ataupun jangka pendek.
- Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja. Tentunya dalam hal pemasaran perlu diawasi setiap anggota tim untuk peningkatan mutu ataupun kualitas.
5.
Strategi
Pemasaran
·
Product:
Sepatu
merupakan jenis alas kaki (footwear)
yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya
juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari,
punggung kaki hingga bagian tumit.
Walk
in Summer membuat tiga jenis sepatu yaitu flatshoes, sneakers dan high heels.
- Flatshoes merupakan sepatu yang cocok digunakan bagi yang ingin terlihat feminim namun terkesan santai dan cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari
- Sneakers merupakan sepatu yang memiliki model sangat beragam dan banyak penggemarnya karena kesannya yang sangat sporty dan casual.
- High heels merupakan sepatu berhak tinggi yang dapat digunakan untuk acara-acara formal.
Untuk mengimbangi pasar Walk in Summer memperbarui
model sepatu setiap tiga bulan sekali. Walk
in Summer memiliki beberapa
karyawan yang berfokus untuk
mendesain model baru setiap tiga bulannya.
· Price:
Untuk
menentukan harga, Walk in Summer menyusuaikan dengan model sepatu yang dibuat
dan harga yang ada dipasaran tanpa mengesampingkan kualitas produk ini.
· Promotion:
Walk
in Summer memiliki website, social media (instagram,line,facebook,twitter), dan
iklan-iklan online. Karena saat ini pengguna social media di Indonesia sangat
banyak, rasanya promosi melalui social
media menjadi cara yang sangat tepat. Tidak menutup kemungkinan Walk in Summer
akan mengembangkan cara promosi berbasis
di mobile apps, karena dilihat
sekarang banyak konsumen
atau masyarakat yang menggunakan teknologi
mobile seperti smartphone. Dengan kelebihan mobile apps perusahaan dapat
mengelola data-data konsumen dengan lebih baik.
· Place:
Untuk
melakukan transaksi pelanggan dapat mendatangi toko Walk in Summer yang berada
di Jakarta, tepatnya di Jl. H. Ibrahim Adjie, Jakarta Timur. Selain toko,
pelanggan juga dapat membeli produk Walk in Summer secara online melalui
website atau social media.
6. Kegiatan pemasaran:
· Bentuk kegiatan
Lebih
fokus mempromosikan produk-produk dari perusahaan Walk in Summer melalui media
sosial dan iklan-iklan online, yang targetnya adalah anak-anak muda jaman
sekarang. Dan harganya pun siap bersaing dengan produk-produk lainnya dengan
kualitas yang sangat baik.
· Waktu kegiatan
Dikarenakan
fokus melalui media sosial dalam mempromosikan produk-produk dari perusahaan
Walk in Summer, mungkin akan lebih sering update
di media sosial atau pun iklan-iklan online tentang produk-produk terbaru yang perusahaan
Walk in Summer miliki, sehingga pemasaran pun semakin cepat dan efisien.
· Pelaksana kegiatan
Dalam
hal pelaksanaan mempromsoikan produk-produk perusahaan Walk in Summer, akan
menargetkan kepada anak-anak muda, sehingga pada saat mempromosikan pun akan
lebih fokus.
7.
Rincian
Biaya/Anggaran yang Direncanakan
Anggaran berdasarkan tenaga kerja
Tenaga kerja
|
Anggaran/bulan
|
Pengrajin sepatu
|
Rp 2.500.000
|
Desainer
|
Rp 3.000.000
|
Pemasaran
|
Rp 2.500.000
|
Anggaran berdasarkan biaya produksi
jenis sepatu
Jenis sepatu
|
Jumlah sepatu
|
Anggaran
|
Flat shoes
|
10
|
Rp 1.200.000
|
Sneakers
|
10
|
Rp 2.000.000
|
High heels
|
10
|
Rp 1.700.000
|
Anggaran pengadaan fasilitas
Fasilitas
|
Anggaran
|
Mesin jahit
|
Rp 5.000.000
|
Perlengkapan pembuatan sepatu
|
Rp 8.000.000
|
Listrik
|
Rp 2.000.000 / bulan
|
8.
Target
– target Numerik
Target numerik yang di
harapkan adalah sebagai berikut :
- Meningkatkan presentase pendapatan sebesar 10% dalam jangka waktu 12 bulan,
- Meningkatkan jumlah pembeli setiap tahunnya sebesar 10%
- Meningkatkan jumlah tenaga kerja sebesar 15% tiap tahunnya apabila point 1 dan 2 terlaksana.
Aspek / Tahun
|
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
2020
|
Pendapatan
|
Rp 90.000.000
|
Rp 99.000.000
|
Rp 108.900.000
|
Rp 119.790.000
|
Rp 131.769.000
|
Pembeli
|
600
|
660
|
726
|
799
|
879
|
Tenaga kerja
|
50
|
58
|
67
|
78
|
90
|
9.
Rencana
kegiatan pemasaran
Rencana kegiatan
pemasaran dilakukan dengan Media - media Sosial dan Iklan – Iklan Online. Masa
pemasaran ini akan berlangsung selama 6 bulan. Untuk tolak ukur pemasaran,
dikatakan berhasil jika setelah 6 bulan pemasaran pembelian produk sudah
melebihi 600 produk perbulannya.
10. Hasil Penelitian Pasar
· Penetapan harga
Penetapan
harga didasarkan pada kualitas barang yang dihasilkan serta bahan baku pembuat
sepatu. Selain itu harga juga disesuaikan dengan segmentasi pasar.
· Penetapan periklanan
Media
periklanan yang digunakan untuk mempromosikan produk ini antara lain adalah
media online. Media – media online yang digunakan antara lain iklan – iklan
online serta media – media social yang sering digunakan. Media – media social
yang digunakan antara lain : Facebook, Twitter, dan Instagram.
· Penetapan Hubungan Masyarakat
Berhubung
Walk in Summer ini adalah tergolong usaha baru di Indonesia, kami menetapkan
promosi penjualan dengan cara Publisitas Produk Baru melalui Internet (Iklan
Online dan Media Sosial).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar