Rabu, 30 November 2016

Rencana Bisnis Handcrafted Footwear, Walk in Summer

1.      Ringkasan Eksekutif 
Walk in Summer adalah merek lokal Indonesia yang berdiri sejak November 2016 di Jakarta, dengan harapan menjadi salah satu merek handcrafted footwear terbaik di Indonesia yang berfokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang sepatu fashion. Walk in Summer mengutamakan kepuasan pada layanan, dengan desain yang unik, menarik dan kualitas terbaik dari produk buatan tangan.
 
Walk in Summer ingin memperluas lapangan kerja khususnya mahasiswa dan membuat produktif. Saat ini Walk in Summer memiliki 50 pekerja, dan 20 orang di antara mereka adalah mahasiswa jurusan seni dan desain terbaik dan juga terampil di Jakarta, berkonsentrasi pada kualitas terbaik dari sepatu buatan tangan untuk perempuan. Walk in Summer berharap merek ini mampu menjadi lebih baik dan selalu memberikan produk dan layanan yang terbaik, menciptakan desain yang unik dan kreatif  untuk membawa kemajuan industri kreatif di Indonesia.
·         Visi Perusahaan
  1. Menumbuhkan jiwa kreatifitas mahasiswa dan bisa menghasilkan uang sendiri.
  2. Menjadi perusahaan industri sepatu yang senantiasa mampu bersaing dan tumbuh berkembang.
  3. Menjadi perusahaan terkemuka di bidang bisnis dengan mengutamakan pelayanan penjualan yang terbaik untuk costumer.
  4. Memperluas lapangan pekerjaan
  5. Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam bisnis sepatu fashion.
·         Misi Perusahaan
  1. Melayani para pelanggan dengan baik
  2. Memberikan harga yang terjangkau bagi masyarakat. 
  3. Memberikan produk dengan kualitas yang terbaik.
  4. Menjaga kepercayaan para pelanggan.
  5. Menciptakan produk yang berbeda dari perusahaan lain.
  6. Mengembangkan Sumber Daya Manusia dengan memberikan penghargaan atas prestasi kerja.
Daftar Anggota Tim Manajemen Perusahaan
 
Diah Ayu Pratiwi – Pendiri, Pejabat Eksklusif Tertinggi
Arif Rachman – Pejabat Kepala Informasi
Totong Rukmanto – Pejabat Kepala Penjualan dan Pemasaran
Hilarius Juan – Pejabat Kepala Penjualan dan Pemasaran
Supardi Munggaran – Kepala Penelitian Investasi
Andhika Prasetyo – Direktur Pemasaran
·        Ringkasan Tujuan Pemasaran
  1. Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan
  2. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah.
  3. Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai.
  4. Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja.
·         Ringkasan Strategi Pemasaran
  1. Produk yang dimiliki dengan kualitas terbaik dan mengikuti perkembangan zaman
  2. Harga terjangkau sesuai pasaran dengan kualitas yang baik.
  3. Promosi yang dilakukan di iklan-iklan online dan social media
  4. Tempat yang dapat dijangkau pelanggan untuk memudahkan trnasaksi
2.      Situasi Saat Ini
·        Lokasi
Lokasi perusahaan saat ini berada di kota Jakarta, tepatnya di  Jl. H. Ibrahim Adjie, Jakarta Timur. Untuk memperluas produksi cabang perusahaan, direncanakan akan dibangun di kota-kota satelit lainnya seperti Tanggerang dan Bekasi.
·        Pasar Sasaran Perusahaan
Anak-anak muda zaman sekarang khususnya masiswa. Dengan harga yang mampu siap bersaing dan dengan kualitas yang sangat baik.   
·        Ringkasan Analisis Pesaing dan Isu-isu yang dihadapi Perusahaan
  • Perusahaan lain yang mampu menjadi pesaing dengan kulitas dan harga yang cukup bersaing
  • Berkembangnya teknologi yang mampu menambah persaingan dari segi periklanan dan promosi produk
3.      Analisis Pesaing dan Isu-isu yang dihadapi Perusahaan
·       Salah satu perusahaan yang produknya mungkin mampu menjadi pesaing adalah perusahaan Zapato. Perusahaan tersebut lebih berfokus terhadap gaya hidup anak muda zaman sekarang. Untuk melakukan aktivitas mereka cenderung memilih menggunakan sneakers casual, dan sebagai perusahaan produk footwear di dunia fashion lokal mereka melihat bahwa sebenarnya tren footwear sneakers premium masa kini itu justru lebih banyak tiruannya atau kw di pasaran. Oleh karena itu produk mereka hadir di pasaran, serta mengakrabkan diri dengan anak-anak muda dengan produk originalnya yang kini juga sudah beredar di negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.
·      Tantangan bagi perusahaan Walk in Summer itu sendiri adalah semakin berkembanganya teknologi yang sebenarnya sangat menguntungkan. Dengan semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pesaing yang ingin menyebar luaskan atau mempromosikan produk-produk yang mereka buat, produk mereka tidak  kalah saing dengan produk Walk in Summer dari segi kualitas.
4.      Tujuan Pemasaran
  1. Meningkatkan motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Berfikir out of the box memang sangat diperlukan untuk menjaga ritme, ataupun kelangsungan perusahaan. Sesekali jangan terus mengikuti ritme pasar, tetapi coba untuk menggebrak pasar dengan sesuatu yang baru.
  2. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Sesuatu kalau tidak memiliki tujuan ataupun strategi pastinya akan berjalan dengan berantakan. Dengan adanya strategi pemasaran akan membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta terarah.
  3. Dapat merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai. Dengan bantuan strategi ini, wirausahawan dapat terbantu untuk lebih mendetailkan tujuan apa yang ingin perusahaan capai. Baik jangka panjang ataupun jangka pendek. 
  4. Pengawasan kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja. Tentunya dalam hal pemasaran perlu diawasi setiap anggota tim untuk peningkatan mutu ataupun kualitas.
5.      Strategi Pemasaran
·         Product:
Sepatu merupakan jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari, punggung kaki hingga bagian tumit.
Walk in Summer membuat tiga jenis sepatu yaitu flatshoes, sneakers dan high heels.
  • Flatshoes merupakan sepatu yang cocok digunakan bagi yang ingin terlihat feminim namun terkesan santai dan cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari
  •  Sneakers merupakan sepatu  yang memiliki model sangat beragam dan banyak penggemarnya karena  kesannya yang sangat sporty dan casual. 
  • High heels merupakan sepatu berhak tinggi yang dapat digunakan untuk acara-acara formal.  
Untuk mengimbangi pasar Walk in Summer memperbarui model sepatu setiap tiga bulan sekali.   Walk in Summer  memiliki   beberapa   karyawan   yang berfokus untuk mendesain model baru setiap tiga bulannya. 
·        Price:
Untuk menentukan harga, Walk in Summer menyusuaikan dengan model sepatu yang dibuat dan harga yang ada dipasaran tanpa mengesampingkan kualitas produk ini.
·        Promotion:     
Walk in Summer memiliki website, social media (instagram,line,facebook,twitter), dan iklan-iklan online. Karena saat ini pengguna social media di Indonesia sangat banyak, rasanya  promosi melalui social media menjadi cara yang sangat tepat. Tidak menutup kemungkinan Walk in Summer akan mengembangkan  cara promosi berbasis di mobile apps,   karena   dilihat   sekarang   banyak   konsumen   atau   masyarakat   yang menggunakan   teknologi   mobile   seperti   smartphone. Dengan   kelebihan mobile apps perusahaan dapat mengelola data-data konsumen dengan lebih baik.
·        Place:
Untuk melakukan transaksi pelanggan dapat mendatangi toko Walk in Summer yang berada di Jakarta, tepatnya di Jl. H. Ibrahim Adjie, Jakarta Timur. Selain toko, pelanggan juga dapat membeli produk Walk in Summer secara online melalui website atau social media.
6.      Kegiatan pemasaran:
·        Bentuk kegiatan
Lebih fokus mempromosikan produk-produk dari perusahaan Walk in Summer melalui media sosial dan iklan-iklan online, yang targetnya adalah anak-anak muda jaman sekarang. Dan harganya pun siap bersaing dengan produk-produk lainnya dengan kualitas yang sangat baik.  
·        Waktu kegiatan
Dikarenakan fokus melalui media sosial dalam mempromosikan produk-produk dari perusahaan Walk in Summer, mungkin akan lebih sering update di media sosial atau pun iklan-iklan online  tentang produk-produk terbaru yang perusahaan Walk in Summer miliki, sehingga pemasaran pun semakin cepat dan efisien.
·        Pelaksana kegiatan
Dalam hal pelaksanaan mempromsoikan produk-produk perusahaan Walk in Summer, akan menargetkan kepada anak-anak muda, sehingga pada saat mempromosikan pun akan lebih fokus.
7.      Rincian Biaya/Anggaran yang Direncanakan
Anggaran berdasarkan tenaga kerja
Tenaga kerja
Anggaran/bulan
Pengrajin sepatu
Rp 2.500.000
Desainer
Rp 3.000.000
Pemasaran
Rp 2.500.000
Anggaran berdasarkan biaya produksi jenis sepatu
Jenis sepatu
Jumlah sepatu
Anggaran
Flat shoes
10
Rp 1.200.000
Sneakers
10
Rp 2.000.000
High heels
10
Rp 1.700.000
Anggaran pengadaan fasilitas
Fasilitas
Anggaran
Mesin jahit
Rp 5.000.000
Perlengkapan pembuatan sepatu
Rp 8.000.000
Listrik
Rp 2.000.000 / bulan
8.      Target – target Numerik
Target numerik yang di harapkan adalah sebagai berikut :
  1.  Meningkatkan presentase pendapatan sebesar 10% dalam jangka waktu 12 bulan, 
  2. Meningkatkan jumlah pembeli setiap tahunnya sebesar 10% 
  3. Meningkatkan jumlah tenaga kerja sebesar 15% tiap tahunnya apabila point 1 dan 2 terlaksana.
Aspek / Tahun
2016
2017
2018
2019
2020
Pendapatan
Rp 90.000.000
Rp 99.000.000
Rp 108.900.000
Rp 119.790.000
Rp 131.769.000
Pembeli
600
660
726
799
879
Tenaga kerja
50
58
67
78
90
9.      Rencana kegiatan pemasaran
Rencana kegiatan pemasaran dilakukan dengan Media - media Sosial dan Iklan – Iklan Online. Masa pemasaran ini akan berlangsung selama 6 bulan. Untuk tolak ukur pemasaran, dikatakan berhasil jika setelah 6 bulan pemasaran pembelian produk sudah melebihi 600 produk perbulannya.
10.  Hasil Penelitian Pasar
·        Penetapan harga
Penetapan harga didasarkan pada kualitas barang yang dihasilkan serta bahan baku pembuat sepatu. Selain itu harga juga disesuaikan dengan segmentasi pasar. 
·        Penetapan periklanan
Media periklanan yang digunakan untuk mempromosikan produk ini antara lain adalah media online. Media – media online yang digunakan antara lain iklan – iklan online serta media – media social yang sering digunakan. Media – media social yang digunakan antara lain : Facebook, Twitter, dan Instagram. 
·        Penetapan Hubungan Masyarakat
Berhubung Walk in Summer ini adalah tergolong usaha baru di Indonesia, kami menetapkan promosi penjualan dengan cara Publisitas Produk Baru melalui Internet (Iklan Online dan Media Sosial).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar